Senin, 15 November 2010

PT Bank UOB Buana


PT Bank UOB Buana
(Tawarkan Gaya Hidup bagi Wanita Modern)
Sejak peluncuran UOB Lady’s Card di Singapura, Malaysia, dan Thailand, para wanita di ketiga negara itu sangat menyadari nilai yang ditawarkan dari kartu tersebut. Indonesia pun tak ingin ketinggalan, sehingga 28 Juli 2010, UOB Lady’s Card pun resmi di luncurkan. Ya, PT Bank UOB Buana bekerja sama dengan MasterCard meluncurkan kartu khusus untuk para wanita Indonesia.
Selain itu, hasil survei berakhir dari MasterCard WorldWide Index of Women’s Advancement (MWIWA) menunjukkan perkembangan yang signifikan dari keseluruhan indeks untuk Indonesia. Angkanya meningkat dari 75,29 di tahun 2009 ke nilai 96,79 di tahun 2010. Nilai peningkatan jenjang pendidikan terlihat kuat, yakni 109 wanita per 100 pria.
Artinya, wanita di Indonesia terus melanjutkan pengembangan dirinya dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan peningkatan nilai penghasilan mereka. Ditambah, faktanya, semakin banyak wanita yang mendapatkan penghasilan di atas rata –rata. Peningkatan yang signifikan juga terlihat pada wanita yang menduduki posisi manajerial dari 51 wanita per 100 pria di tahun 2009 naik menjadi 99 wanita per 100 pria pada tahun ini.
“Selain potensi pasar yang signifikan, produk kartu kredit yang benar – benar di khususkan bagi wanita masih jarang di Indonesia. Di samping itu juga, UOB Lady’s Card telah eksis selama lebih dari 20 tahun di Singapura, dan kartu ini juga di terbitkan di Malaysia serta Thailand ”, kata Iwan Notowidigdo, Kepala Divisi  Unsecured Business PT Bank UOB Buana.
Jumlah total cardholder di tiga negara tersebut saat ini adalah sekitar 400 ribuan. Dengan adanya UOB Lady’s Card di Indonesia, maka akan menambah potensi ekspansi, serta menobatkan UOB Lady’s Card menjadi “The Only Lady’s Card that Strongly Stands Out in the Region”.
Dengan adanya produk baru  UOB Lady’s Card ini, Bank UOB Buana mempunyai kesempatan besar untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada customer atau cardholder wanita yang sangat berpotensi untuk penambahan akuisisi  serta usage kartu, yang pada intinya diharapkan dapat menyumbang pertumbuhan portofolio  perusahaan yang sehat. Sekedar informasi, UOB Lady’s Card sendiri memiliki dua tipe , yaitu UOB Lady’s Card dengan desain red rose dan UOB Lady’s Platinum dengan desain pink rose.
Kartu ini di desain secara khusus untuk memenuhi gaya hidup wanita mandiri dan sukses dengan menyediakan berbagai tawaran eksklusif yang menarik. Pemilik kartu dapat mengoptimalkan pengeluarannya dengan menikmati berbagai diskon dan reward menarik yang di tawarkan dari loyalty programme.
“Kartu ini telah diterima dengan baik di pasar regional sejak pertam kali diluncurkan dan sekarang saat yang tepat untuk menawarkannya kepada para wanita di Indonesia. Kami yakin, UOB Lady’s Card akan menjadi kartu yang harus berada di dompet setiap wanita Indonesia  ”, kata Iwan.
Karakteristik segmen yang dibidik UOB Lady’s Card adalah wanita mapan yang memiliki penghasilan sendiri, pendidikan tinggi, dan mereka adalah orang yang berperan dalam keputusan – keputusan finansial pribadi maupun keluarganya. Maka, tak heran jika UOB Lady’s Card juga menempatkan diri sebagai solusi finansial yang paling dekat di kehidupan target pasar.
“UOB Lady’s Card memberikan design, look and feel serta fullcomplete range of benefits yang di khususkan bagi wanita, dan hanya wanita yang dapat memiliki ini. The men don’t get it. Karenanya, dari segi jenis kebutuhan pun pasti berbeda dari pemegang kartu lainnya ”, tegas dia.
Oleh karena itu, dalam tahap sosialisasi guna membangun product dan brand awareness, UOB Lady’s Card melakukan startegi komunikasi melalui iklan koran, majalah, papan reklame, tim sales, dan lain sebagainya. Tentu saja, semua bentuk promosi melingkupi lini atas dan lini bawah.
“Kami sudah menayangkan iklan – iklan di televisi, koran, majalah dan tabloid yang disesuaikan dengan segmentasi. Untuk aktivitas below the line, selain melakukan launching dan akuisisi terhadap potential customer yang hadir, kami juga secara aktif menyebarkan brosur , newsletter, sms blast, dan lain sebagainya, untuk menginformasikan hadirnya UOB Lady’s Card, baik kepada existing customer kami maupun kepada masyarakat luas”, papar dia.
Tak hanya itu, untuk melakukan penetrasi pasar, tersedia dua jalur. Pertama, melalui media massa. Caranya dengan memberikan informasi dan edukasi satu arah mengenai mafaat dan keuntungan UOB Lady’s Card sebagai kartu yang memahami wanita dan mengerti seluruh kebutuhannya. Kedua, melakukan pendekatan dengan menggandeng partner untuk bersama –sama melakukan edukasi kepada customer akan manfaat yang mereka dapatkan dengan menggunakan UOB Lady’s Card.
“Kami mempersiapkan channel – channel yang lengkap untuk menawarkan UOB Lady’s Card kepada customer. Dari UOB contact center, tim telemarketing,tim direct sales, dan juga tim road show  yang akan menempatkan booth – booth akuisisi di berbagai mal yang sesuai dengan target market kami. Selain itu, kami juga melakukan pendekatan kepada setiap partner dan bekerja sama untuk membuka booth akuisisi di tempat – tempat mereka  ”, ungkap Iwan.
Ditambahkan dia, iuran tahunan UOB Lady’s Card diberlakukan sama dengan kartu – kartu UOB sebelumnya. UOB Lady’s Card (kelas Gold) memiliki iuran tahunan Rp 350 ribu untuk basic card, dan Rp 175 ribu untuk kartu kedua /suplemen; UOB Lady’s Platinum (kelas Platinum) iuran tahunannya Rp 700 ribu untuk basic card, dan Rp 350 ribu untuk kartu kedua/suplemen. Dan, tentu saja UOB memberikan bebas iuran tahunan di tahun pertama. UOB Lady’s Card dan Lady’s Platinum juga memiliki bunga yang kompetitif 3,5 persen dan banyak penawaran cicilan 0 persen hingga 12 bulan di berbagai partner/marchant ternama.
“Target UOB Lady’s Card adalah mengakuisisi 200 ribu pemegang kartu dalam tiga tahun ke depan. Selain itu, kami berkonsentrasi pada pengembangan fitur – fitur kartu yang senantiasa berevolusi dan menjadi lebih lengkap untuk meningkatkan usage kartu serta kesetiaan customer”, harap Iwan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar