Senin, 15 November 2010

Perusahaan CLICKZ


Perusahaan CLICKZ
(Ciptakan Segmen Baru)
Clickz hadir sebagai alternatif minuman baru dengan membidik segmen berbeda dari kompetitor. Berhasilkah? Minuman suplemen saat ini sadah menjadi bagian dari gaya hidup modern.Dengan aktivitas masyarakat urban yang sangat padat, otomatis dibutuhkan suplemen untuk mengembalikan stamina dengan cepat agar tetap bugar dalam menjalani aktivitas keseharian. Maka, tak heran jika banyak produk minuman suplemen “membanjiri” pasar bahkan tak terhitung jumlahnya, baik kemasan sachet maupun botol.
Salah satu produk baru – baru ini yang meramaikan pasar adalah Clickz . Menurut Woottipan Boonruangrutana, General Manager Marketing Clickz, pihaknya melihat pasar minuman berenergi sangat potensial. Euromonitor mencatat bahwa volume penjualan minuman berenergi di Indonesia pada tahun 2010 mencapai Rp 4.700 miliar.Ditambah, untuk minuman soda sendiri besarannya tak kurang dari 10 kali lipat minuman energi.
“Sebelum di luncurkan, pertimbangan yang dilakukan sudah melalui proses tes pasar yang dilakukan di Surabaya, tahun lalu (2009). Alasan dipilihnya kota tersebut karena dari sisi profil target konsumen dinilai mewakili secara keseluruhan ”, kata dia.
Ditambahkan  Woottipan, Clickz hadir sebagai alternatif minuman baru dengan nilai lebih dibanding minuman berenergi berbentuk cair dan minuman berkarbonasi (soft drink). Keunggulan pertama ada pada kemasan PET bottle Clickz yang lebih besar130 ml dibandingkan minuman berenergi yang ada di pasaran.
“Umumnya, ukuran dan desain botol yang kompak menjadi penting karena biasanya minuman energi tidak dikonsumsi sekali habis , melainkan dibeli untuk dibawa. Dengan desain yang ringkas , tentu saja clickz menjadi lebih unggul dibandingkan kompetitor ”, ucap dia.Desain Clickz sendiri merupakan hasil riset. Menurut riset tersebut , PET bottle yang kokoh , nyaman digenggam, serta mudah dibawa disukai oleh konsumen.
Menurut Woottipan, sejauh ini ada dua format minuman berenergi dipasaran, yakni sachet dan kemasan botol kecil. Kemasan PET bottle sendiri akan menciptakan segmen baru dan pangsa pasar tersendiri. Selain itu, karena hadir  dengan ukuran lebih besar, dari hasil survei, konsumen juga menyukai rasa dan desain kemasan Clickz.
Keunggulan kedua, lanjut Woottipan, Clickz juga bermanfaat untuk menambah stamina dibandingkan dengan minuman berkarbonasi.Ketika dikonsumsi siang hari, Clickz dapat menggantikan air untuk mengusir rasa haus sekaligus menambah kesegaran. Saat sedang beraktivitas, Clickz mampu menjaga tubuh agar tetap bugar.
Clickz hadir sebagai active functional drink, yakni minuman ringan non carbonated dengan aroma khas jeruk segar, rasa manis asam.Sebagai minuman baru, Clickz menawarkan kesegaran, stamina, kenyamanan , nilai lebih untuk kaum muda yamg modern dan dinamis.
Adapun target pasar utama yang dibidik Clickz adalah kaum muda direntang usia 20 – 30 tahun yang menghendaki stamina prima, bertempat tinggal di daerah urban maupun suburban, serta selalu berpola pikir dinamis dan energik. Sedangkan pangsa pasar Clickz terdiri dari  pelajar/mahasiswa (23 persen); buruh (22 persen); serta profesional muda/pekerja kantoran (21 persen).
Oleh karena itu, dalam melakukan penetrasi pasar, strategi komunikasi yang diterapkan mengarah pada pesan – pesan tertentu. Misal, Clickz merupakan minuman energi gaya baru dengan kemasan botol plastik untuk generasi muda. Tak hanya itu, Clickz juga memberikan kepercayaan diri untuk kaum muda dan mudah dibawa ke mana saja dibandingkan minuman energi sachet.
Untuk menyokong promosi Clickz di Indonesia, Wootipan juga menyiapkan investasi besar di bidang marketing . Salah satunya dengan menggandeng VJ Daniel Mananta sebagai brand ambassador. Adapun alasan dipilihnya Daniel karena dianggap mampu mencerminkan figur kaum muda yang aktif, multitelenta, dinamis, dan selalu terlihat semangat.
“Kami menilai, Daniel mampu mempresentasikan produk Clickz sebagai individu yang aktif, dinamis, trendi, dan inovatif. Dengan gayanya yang spontan dan energik, dia memang selalu bisa menghidupkan suasana dalam setiap acara yang dipadu. Dengan dipilihnya Daniel, diharapkan ini bisa mewakili beragam kegiatan target konsumen Clickz”, jelas Woottipan.
Selain itu, guna menumbuhkan brand awareness dan juga product knowledge , Clickz akan menggelarkan berbagai program promosi secara langsung. Salah satunya adalah melalui road show  di berbagai kota besar di Indonesia , yakni Jakarta , Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Tentunya, lokasi yang disasar adalah tempat – tempat strategis seperti kampus, kantor, tempat olahraga, hingga rest area.
“Clickz juga melakukan strategi komunikasi melalui lini atas dan bawah. Di lini atas, iklan Clickz sudah tayang di lima stasiun televisi nasional secara kontinu sampai dengan akhir tahun. Sedangkan di lini bawah, Clickz menggelar acara peluncuran produk di Jakarta Fair, memberikan sampling selama  mudik, mengadakan event akhir tahun, dan sponsorship kegiatan – kegiatan yang berhubungan erat dengan aktivitas target pasar Clickz ”, papar Woottipan.
Hingga saat ini, Clickz sudah tersedia di kota – kota besar di seluruh Indonesia. Mulai dari convenience store, warung, rest area, rumah makan, hingga gym atau pusat olahraga. Clickz sendiri di pasarkan dengan harga Rp 3.500 per botol. Adapun kandungan bahannya terdiri dari gula , ginseng, caffeine, taurine ,dan vitamin C.
“Saat ini, proses distribus dilakukan nasional secara bertahap. Distribusi di Jawa dimulai bulan Juni, disusul di Kalimantan dan Sulawesi di bulan Agustus, dan di Sumatera sendiri distribusi akan dimulai bulan September . Cickz akan tersedia juga di jaringan peritel modern nasional dan lokal”, kata Woottipan.
Untuk tahun pertama, Clickz menargetkan penjualan sebanyak 30 juta botol. Diharapkan produk ini bisa meraih 10 persen dari market share yang ada. Tentunya, ini didukung dengan rasa optimistis  dan respons positif dari konsumen. “Kunci suksesnya adalah support dan kerja sama yang baik dengan semua pihak, baik dari sales departemen, distributor, promotion, advertising, dan media”, tegas dia.   

1 komentar:

  1. BISMILLAH. SILAHKAN DIKUNJUNGI http://transblogfauzan-indonesia.blogspot.com dan KLIK HALAMAN UTAMA. SILAHKAN DISAMPAIKAN KEPADA KELUARGA, SAUDARA, DAN TEMAN2 YANG LAIN.

    BalasHapus